Kriteria Manajer Proyek Yang Baik
Manager
adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam
organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi
memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology). Dan
tugas seorang manager adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel
(karakteristik, budaya, pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan
organisasi yang sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.
Proyek
merupakan gabungan seperti sumber daya manusia, material, machine dan
modal/biaya dalam suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai tujuan dalam
sasaran dan tujuan. Sifat dari suatu proyek adalah bersifat sementara dan dalam
kurun waktu yang dibatasi. Suatu proyek biasanya terjadi karena suatu keperluan
yang mendesak karena tuntutan pengembangan dari suatu lokasi tertentu.
Seorang
manager proyek merupakan seorang professional dalam bidang manajemen proyek.
Manajer proyek memiliki tanggung jawab untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan
dan penutupan sebuah proyek yang biasanya berkaitan dengan bidang industri
kontruksi, arsitektur, telekomunikasi dan informasi teknologi. Untuk
menghasilkan kinerja yang baik, sebuah proyek harus dimanage dengan baik oleh
manajer proyek yang berkualitas baik serta memiliki kompetensi yang
disyaratkan.
Seorang
manajer proyek yang baik harus memiliki kompetensi yang mencakup unsur ilmu
pengetahuan (knowledge), kemampuan (skill) dan sikap (attitude). Ketiga unsur
ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan proyek.
Sebuah proyek akan dinyatakan berhasil apabila proyek dapat diselesaikan sesuai
dengan waktu, ruang lingkup dan biaya yang telah direncanakan. Manajer proyek
merupakan individu yang paling menentukan keberhasilan / kegalan proyek. Karena
dalam hal ini manajer proyek adalah orang yang memegang peranan penting dalam
mengintegrasikan, mengkoordinasikan semua sumber daya yang dimiliki dan
bertanggung jawab sepenuhnya atas kenberhasilan dalam pencapaian sasaran
proyek.
Untuk
menjadi manajer proyek yang baik, terdapat 9 ilmu yang harus dikuasai. Adapun
ke sembilan ilmu yang dimaksud antara lain :
- Manajemen Ruang Lingkup
- Manajemen Waktu
- Manajemen Biaya
- Manajemen Kualitas
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Manajemen Pengadaan
- Manajemen Komunikasi
- Manajemen Resiko
- Manajemen Integrasi
Setidaknya,
ada 3 (tiga) karakteristik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat
kualifikasi seseorang untuk menjadi Manajer Proyek yaitu:
- Karakter Pribadinya
- Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
- Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
http://www.gbaconsultant.co.id/cara-sukses-manajer-proyek
http://okkiprasetio.blogspot.com/2012/04/manajer-proyek.html
http://narulita-desiana.blogspot.com/2012/04/reteria-manager-proyek-yang-baik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar