Minggu, 17 Oktober 2010

Tema dan Penjelasan Singkat PI

Untuk Penelitian Ilmiah (PI) nanti Saya ingin sekali membuat GAME. Yang pasti untuk pertama kali, game nya masih akan 2D, karena pemrograman untuk 3D butuh perjuangan dan pembelajaran yang tidak sedikit. Game kita seharusnya mementingkan game play, karena untuk artwork kita akan kalah dengan game-game 3D.
Game ini juga kemungkinan besar akan didistribusikan gratis setidaknya shareware. Kalau mau open source mungkin baik, tetapi masalah lisensi ini nantinya akan didiskusikan dengan tim.

Jenis / Genre Game:
Saya ingin membuat game RPG, karena didalam game RPG kita bisa membuat mini-game dengan genre apapun di dalam sebuah RPG. Masalahnya RPG adalah tipe game yang butuh paling banyak waktu development, jadi sepertinya impian Saya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Game RTS juga sepertinya tidak akan berhasil sebagai proyek pertama karena kompleksitasnya. Begitu juga dengan FPS (karena harus 3D). Menurut Saya genre game yang bisa dibuat antara lain (beserta contoh):
• Turn-based Strategy (Civilization, Heroes I – IV)
• Fighting (Tekken)
• Arcade (game-game konsol klasik yang side-scrolling, seperti tembak-tembakan pesawat, Rockman)
• Puzzle (Sudoku, Sokoban, Chip’s Challenge)

Platform yang Akan Dipakai:
Pilihan yang paling mudah adalah membuat game di PC, karena hampir semua orang punya komputer. Testing pun akan mudah. Kita juga bisa memilih bahasa pemrograman apapun, dan banyak library untuk game development sudah tersedia. Tetapi, game-game di PC biasanya sangat bagus dalam hal artworknya, jadi kalau game nya ingin bagus kita juga harus membuat artwork yang canggih pula. Bahkan mungkin kita harus membuat game 3D yang rasanya tidak akan selesai untuk proyek pertama.
Ada juga alternatif yang cukup menarik yaitu membuat game untuk HP. Game HP perlu desain gameplay yang unik karena interfacenya yang memang bukan untuk bermain game (tidak ada mouse, hanya tombol angka dan directional pad saja). Untuk itu, artwork di game-game mobile tidak bisa seperti game PC (karena keterbatasan prosesor dan memori). Lalu karena ukurannya yang kecil, proyek akan cenderung lebih cepat selesai. Tapi hanya satu bahasa yang bisa dipakai yaitu Java (varian J2ME pula).

Selain itu kita juga bisa membuat game yang web-based seperti Tribalwars, MyMiniCity, Kingdom of Loathing, atau game-game yang ada di Facebook. Jika ingin membuat game seperti ini kita harus berkomitmen untuk biaya server, jadi sepertinya game jenis ini kurang tepat untuk kita yang tidak mengeluarkan modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar