Minggu, 21 November 2010

POSITIF DAN NEGATIF POLA HIDUP KONSUMTIF


Pola konsumtif adalah suatu sifat mendasar pada kehidupan setiap orang yang ingin menggunakan setiap barang-barang yang ada tanpa memperdulikan seberapa pentingkah barang barang tersebut, terutama barang-barang yang berhubungan dengan teknologi tapi bukan hanya barang teknologi saja melainkan setiap barang yang hanya ingin dipakai atau dapat dikatakan tidak ingin menciptakan suatu barang atau tidak ingin mengetahui bagaimana cara pembuatan barang tersebut. Hal itu dapat disebut tindakan konsumtif.

Dampak pola konsumtif tidak hanya negatif saja ada juga positifnya. Tapi seperti yang kita tahu “Segala sesuatu jika berlebihan pasti tidak baik” berlaku juga pada pola konsumtif jika berlebihan maka mrugikan kita dan orang lain. Berikut dampak positif dan negatif dari pola konsumtif :

Dampak Positif :
  • Dapat mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatan. Contohnya pada suatu perusahaan mereka menggunakan barang-barang berteknologi canggih dalam melaksanakan kegiatan perusahaannya.
  • Dapat mengurangi jumlah pengangguran. Karena semakin bertambahnya permintaan tenaga kerja pun semakin dibutuhkan.
  • Membuat generasi semakin baik. Lihat saja kita umur 5 tahun apakah sudah mengerti bahasa asing, internet, telepon genggam, dan masih banyak lagi.
Dampak negatif :
  • Pemborosan, Banyak sekali barang yang dibeli kemudian tidak dipakai lagi.
  • Dapat membuat orang hidup serba praktis. Dan hal tersebut menjadikan kita malas.
  • Kurangnya bersosialisasi langsung.
Jadi sebaiknya kita jauhilah pola hidup konsumtif yang berlebihan. Karena pola hidup konsumtif yang berlebihan merupakan pola hidup yang tidak baik dan akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar